Kebijakan Privasi

KEBIJAKAN PRIVASI 

A. GAMBARAN SINGKAT

1. Solusi Dana Bahagia atau SOLUNA menjalankan kegiatan usaha dengan cara mempertemukan antara Lembaga Keuangan dan Pengguna  Produk Keuangan dalam maksud untuk menyediakan informasi dan pilihan atas berbagai macam produk keuangan melalui bantuan sistem elektronik (“Layanan”).

2. Sampai dengan tanggal dikeluarkannya kebijakan privasi ini, sistem elektronik yang digunakan oleh SOLUNA untuk memberikan Layanannya adalah portal web yang dimiliki serta dikelola oleh SOLUNA yang dapat ditemukan pada portal web dengan alamat URL berikut: www.soluna.id.

3. SOLUNA berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi Anda.

4. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua orang dan entitas yang mengakses portal web ini. Dengan mengakses dan/atau menggunakan layanan-layanan yang tersedia atau melalui portal web, Anda dengan ini mengakui bahwa Anda telah membaca dan setuju dengan ketentuan-ketentuan Kebijakan Privasi ini. Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dan dianggap telah dimengerti serta disetujui oleh setiap Pengguna Layanan

5. Kebijakan Privasi dirancang untuk membantu Anda mengerti bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah Data Pribadi yang Anda telah berikan kepada kami, serta membantu Anda dalam mengambil keputusan yang diberitahukan sebelum memberikan Informasi dan Data Pribadi Anda kepada Kami. Bacalah hal-hal berikut ini dengan teliti untuk memahami pandangan dan kebiasaan Kami sehubungan dengan Informasi dan Data Pribadi Anda dan bagaimana Kami akan memperlakukannya.

B. KETENTUAN KHUSUS

I. DEFINISI 

Setiap kata yang dinyatakan di bawah ini, wajib diartikan sebagai berikut: 

1. Kami adalah Solusi Dana Bahagia (SOLUNA) selaku pemilik dan pengelola portal web www.soluna.id

2. Anda adalah Pengguna Layanan atau semua orang dan entitas yang mengakses dan menggunakan serta memanfaatkan Layanan SOLUNA, yang disediakan oleh Kami.

3. Informasi Pribadi adalah tiap dan seluruh data pribadi yang diberikan oleh Pengguna Layanan di portal web Kami, termasuk namun tidak terbatas pada nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, nomor identitas, informasi debitur, kartu keluarga, akta kelahiran, surat nikah, akta, bukti kepemilikan, KTP, NPWP, surat izin usaha, surat penjaminan, data penghasilan, lokasi pengguna, kontak pengguna, serta dokumen dan data pendukung lainnya sebagaimana diminta pada ringkasan pendaftaran akun, pembicaraan melalui telepon, komunikasi melalui media lainnya,  serta pada ringkasan aplikasi pengajuan. Informasi Pribadi juga termasuk data yang dapat digunakan secara langsung atau tidak langsung untuk mengidentifikasi seorang individu, orang dan entitas, termasuk diantaranya adalah akun media sosial milik Pengguna Layanan seperti Twitter, Facebook, Instagram, Google+, LinkedIn serta jenis media sosial lainnya;

4. Syarat dan Ketentuan merupakan ketentuan dan prasyarat dari penggunaan Layanan oleh Anda;

5. Konten berarti apapun yang ada pada Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada rancangan, desain, teks, gambar grafis, foto, gambar, citra, video, perangkat lunak, musik, suara dan dokumen lainnya, peringkat kredit, tarif, biaya, kuotasi, data historis, grafik, statistik, artikel, informasi kontak Kami, setiap informasi lainnya, beserta pemilihan dan pengaturannya;

6. Lembaga Keuangan adalah badan hukum yang memiliki Produk Keuangan, termasuk namun tidak terbatas pihak Bank, BPR, Koperasi, Multifinance, peer to peer lending, broker, penyedia layanan asuransi, atau lembaga keuangan lainnya yang menyediakan layanannya dalam portal web.

7. Produk Keuangan adalah produk dan informasi layanan yang ditawarkan oleh Lembaga Keuangan, antara lain seperti produk pinjaman, produk tabungan, produk deposito/simpanan berjangka,  dan produk asuransi;

8. Peminjam adalah orang perorangan, entitas atau badan hukum yang membutuhkan pinjaman;

9. Penabung adalah  orang perorangan, entitas atau badan hukum yang akan menabung;

10. Cookies adalah file berukuran kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat komputer Anda, yang berguna untuk mengidentifikasi dan memantau koneksi jaringan Anda sehingga Anda akan dapat mengakses Layanan Kami secara lebih optimal.

11. Akun merupakan identitas unik untuk mencatat kegiatan Anda dalam menggunakan Layanan yang pembuatannya dilakukan dengan cara pendaftaran pada portal web SOLUNA;

II. PEROLEHAN, PENYIMPANAN, DAN PENGGUNAAN INFORMASI DAN DATA PRIBADI 

1. Anda dengan ini setuju bahwa sehubungan dengan penggunaan atau pemanfaatan Layanan Kami, maka Kami berhak mengumpulkan informasi pribadi tentang Anda dari waktu ke waktu, yakni:

a. Anda ataupun pihak lain yang memiliki persetujuan yang sah dari Anda untuk memberikan Data Pribadi dalam rangka mengakses Layanan Kami;

b. Setiap kunjungan Anda ke portal web Kami;

c. Percakapan telepon Anda dengan Kami;

d. Komunikasi Anda dengan Kami melalui media lainnya;

e. Penggunaan perangkat komputer maupun perangkat lainnya yang memfasilitasi hubungan ke internet untuk mengakses Layanan Kami oleh Anda, termasuk informasi mengenai alamat IP, sistem operasi dan browser yang Anda gunakan dalam mengakses Layanan Kami;

f. dan/atau Penggunaan "Cookies" saat browser Anda mengakses dan Anda masuk (log-in) untuk menggunakan Layanan Kami. Jika statusnya diaktifkan (enabled), Cookies akan menyimpan sejumlah kecil data pada komputer Anda tentang aktivitas Anda dalam menggunakan Layanan Kami.

2. Berkenaan dengan perolehan serta penyimpanan setiap Informasi Pribadi yang diuraikan serta dimaksud dalam kebijakan privasi ini, Kami juga berhak untuk menetapkan standarisasi internal menurut diskresinya terhadap hal yang berkaitan dengan penyimpanan Informasi Pribadi termasuk namun tidak terbatas diantaranya melakukan penyimpanan secara internal, server atau database pihak ketiga lainnya yang ditunjuk dan/atau bekerjasama secara sah dengan Kami dengan tetap memperhatikan maksud dan tujuan dari adanya tindakan tersebut yakni mengutamakan kerahasiaan dan keamanan Informasi Pribadi Anda.

3. Dengan Anda telah memberikan Informasi Pribadi, berarti Anda memahami dan menyetujui bahwa Anda melakukan pengajuan atas diri pribadi dan tanpa ada paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.

4. Anda dengan ini setuju bahwa Informasi dan Data Pribadi akan Kami gunakan atau olah dalam rangka:

a. Penilaian/Assesmen, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (a) permohonan atau aplikasi permohonan Produk Keuangan; (b) profil Anda;

b. Memberikan akses bagi Anda ke Layanan Kami dan memastikan bahwa Konten dan Layanan ditampilkan dengan cara yang paling efektif untuk Anda;

c. Memberikan kepada Anda informasi terkait Konten situs, produk, Layanan dan layanan interaktif yang Anda minta atau butuhkan dari Kami;

d. Memungkinkan Anda untuk dapat mengakses dan mendapatkan informasi perbandingan Produk Keuangan

e. Mengembangkan Layanan Kami, meningkatkan mutu layanan dan informasi yang Kami sampaikan di portal web, dengan menggunakan Informasi Pribadi sebagai data tren, analisa, sampel penelitian, riset pasar, dan data demografi, termasuk namun tidak terbatas pada pemecahan masalah, analisis data, pengujian, penelitian, tujuan statistik serta survei;

f. Membuat keputusan terkait dengan pembukaan atau kelanjutan terhadap aktifnya Akun Anda serta pembuatan, penyediaan atau kelanjutan dari Layanan dan juga untuk menjaga akurasi Data Pribadi;

g. Memungkinkan Lembaga Keuangan untuk menghubungi dan membantu Anda pada saat Anda tertarik terhadap suatu produk dan menyatakan minat dengan mengirimkan Informasi Pribadi kepada Kami.

h. Menilai atau memahami efektivitas iklan Kami dan iklan pihak ketiga pada portal web Kami dan pada portal web pihak ketiga, dan untuk menyampaikan iklan yang relevan kepada Anda;

i. Memberitahu Anda tentang perubahan-perubahan terhadap layanan Kami;

j. Memenuhi persyaratan-persyaratan hukum yang berlaku pada Kami berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

k. Memeriksa identitas dan/atau kewenangan dari para wakil atau kuasa Anda yang menghubungi Kami dan untuk menanggapi permintaan, pertanyaan atau instruksi dari para kuasa yang telah diperiksa tersebut atau para pihak lain;

l. Memberikan otorisasi kepada Lembaga Keuangan atau pihak ketiga yang berwenang untuk mengadakan pengecekan terbatas pada status Anda dalam database Kami atau Layanan Kami;

m. Memungkinkan Pihak Ketiga untuk menghubungi dan membantu Anda pada saat Anda tertarik terhadap suatu produk dan menyatakan minat dengan mengirimkan Informasi Pribadi kepada Kami.

n. Memasarkan produk yang terkait dengan Layanan melalui berbagai metode komunikasi termasuk surat, telepon, pesan singkat, fax, surat elektronik (e-mail), internet, riset pasar, dan merancang atau menyaring produk atau layanan yang serupa termasuk dengan melakukan riset pasar, analisis data, dan survei;

o. Melakukan manajemen internal untuk mengoperasikan kontrol terhadap sistem informasi dan manajemen serta melaksanakan audit internal atau mengizinkan pelaksanaan audit eksternal; dan

p. Melakukan kegiatan lainnya terhadap pengolahan Data Pribadi Anda, sepanjang dan yang berkaitan dengan pemberian Layanan dari Kami kepada Anda dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku.

5. Dalam menunjang serta memaksimalkan Layanan yang Kami berikan kepada Anda, maka Anda sepakat bahwa Kami dapat pula membagikan Data Pribadi Anda kepada pihak berikut:

a. Para mitra usaha, untuk pelaksanaan setiap perjanjian yang Kami adakan dengan mereka atau Anda;

b. Pemilik dan pengelola produk keuangan yakni Lembaga Keuangan dengan kepentingan antara lain untuk melakukan pembukaan rekening termasuk kebutuhan teknis lainnya, proses Know Your Customer (KYC) dan verifikasi data Anda. Pihak Lembaga Keuangan dapat langsung menghubungi Anda, berkomunikasi dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk proses verifikasi data Anda dan proses lanjutan atas Produk Keuangan yang Anda pilih;

c. Para pengiklan dan jaringan-jaringan iklan yang memerlukan data dalam memilih iklan yang relevan kepada Anda dan orang lain.

d. Penyedia analisis dan mesin pencari yang membantu Kami dalam peningkatan dan optimalisasi portal web kami;

e. Setiap  orang dan entitas, jika Kami memiliki kewajiban untuk mengungkapkan Data Pribadi Anda guna mematuhi setiap kewajiban hukum, atau untuk melaksanakan dan menerapkan Syarat & Ketentuan kami, kebijakan Cookies Kami, dan ketentuan lainnya, atau untuk melindungi hak, aset, atau keamanan dari Kami serta pihak-pihak terafiliasinya, Pengguna atau lainnya. Ini termasuk pertukaran informasi dengan perusahaan dan organisasi lain untuk tujuan perlindungan dari penipuan dan antisipasi terhadap risiko kredit;

f. Lembaga keuangan yang mana terhadap badan tersebut, Anda memiliki atau mengajukan untuk memiliki urusan terkait dengan setiap Produk dan/atau Layanan;

g. Orang atau entitas yang kepada orang atau entitas tersebut, Kami atau pihak terafiliasinya berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai dengan proses hukum atau berdasarkan persyaratan hukum, peraturan, perintah pengadilan, yang mengikat atau berlaku untuk Kami atau Pihak Terafiliasinya dan terhadap otoritas pemerintah, atau setiap pengungkapan berdasarkan dan untuk tujuan pedoman atau petunjuk yang diberikan atau dikeluarkan oleh badan penegak hukum, regulasi, badan pemerintah, otoritas pajak, lembaga penegak hukum atau lembaga otoritas lainnya, atau peraturan otonom dari badan industri atau asosiasi dari penyedia jasa keuangan yang disyaratkan untuk dipenuhi oleh Kami atau pihak terafiliasinya;

III. KEBIJAKAN COOKIES 

1. Cookies akan membantu Kami untuk menelusuri fitur yang paling menarik untuk Anda dan jenis konten yang pernah Anda kunjungi di waktu lalu. Saat Anda mengunjungi portal web ini kembali, Cookies akan mempermudah untuk menyesuaikan konten sesuai dengan kebutuhan Anda. Cookies tidak melakukan pelacakan terhadap informasi Pengguna secara individual, dan semua data Cookies Kami telah terenkripsi dan tidak dapat dibaca oleh portal web lain; dan

2. Walaupun secara setelan semula (default) perangkat komputer Anda menerima Cookies, Anda bebas untuk melakukan perubahan terhadap setelan tersebut melalui pengaturan/setting browser Anda, dengan memilih untuk menolak mengaktifkan Cookies.

IV. PERNYATAAN DAN JAMINAN 

1. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Informasi Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada Kami adalah benar dan akurat;

2. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait, dalam hal Anda mengungkapkan, menyerahkan informasi pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan Kami, sehingga atas dasar hal tersebut Kami dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 3 kebijakan privasi ini;

3. Anda dengan ini menyatakan bahwa kata sandi atau password, termasuk kata sandi Akun merupakan tanggung jawab personal Anda masing-masing. Sehingga Kami akan tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dapat ditimbulkan akibat kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan kata sandi atau password-nya; dan

4. Anda dengan ini berjanji akan melepaskan Kami dan setiap afiliasinya dari setiap gugatan dan/atau tuntutan hukum yang disebabkan oleh adanya kesalahan Anda sendiri, atau pihak diluar Kami selain itu terhadap adanya risiko kerugian dalam penggunaan Layanan dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku.

V. KETENTUAN HAK PENGGUNA UNTUK MENGUBAH, MENAMBAH, DAN/ATAU MENGHAPUS

1. Sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh Anda, yang di dalamnya juga termasuk Informasi dan Data Pribadi yang Kami peroleh maka Anda berhak untuk melakukan perubahan, penambahan, dan/atau penghapusan terhadap Informasi Pribadi Anda;

2. Hal ini juga Kami atur dalam kaitannya memastikan adanya informasi terkini terhadap Informasi Pribadi Anda, namun dengan tetap memperhatikan asas kebutuhan, kehati-hatian, serta peraturan perundang-undangan yang mewajibkan adanya hal tersebut;

3. Selain itu, Kami menyadari bahwa Anda tidak akan selamanya menggunakan Layanan yang Kami sediakan untuk itu Anda berhak mengajukan penghapusan Informasi Pribadi Anda pada web portal Kami;

4. Anda dapat mengajukan setiap permohonan perubahan, penambahan, atau penghapusan Informasi Pribadi Anda dengan cara mengirimkan surat elektronik (e-mail) kepada cs@soluna.id, surat tertulis kepada alamat Kami sebagaimana dinyatakan pada portal web Kami. Tim internal Kami akan menanggapi dan/atau memberikan kepastian mengenai permohonan Anda tersebut dalam waktu setidak-tidaknya 60 (enam puluh) hari kerja terhitung sejak tanggal permohonan Anda kepada Kami diterima dengan lengkap dan benar;

5. Anda memahami dan menyetujui bahwa sekalipun Kami melakukan penghapusan terhadap Informasi Pribadi atau data lainnya yang berkaitan dengan Layanan sesuai dengan permintaan Anda, namun Kami tetap akan melakukan penyimpanan terhadap data-data tersebut. Hal ini Kami lakukan dengan tetap memperhatikan ketentuan jangka waktu penyimpanan data perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan kegiatan usaha.

VI. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI & SALURAN PENGAJUAN PERTANYAAN 

Kebijakan Privasi ini mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karenanya Kami menghimbau agar Anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun yang dapat terjadi. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Platform dan Layanan Kami, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini;